Selasa, 20 Oktober 2009

Dodol Depok


Dahulu kala, Dodol depok adalah makanan yang dibuat oleh para orang asli Depok yang sering di hidangkan sebagai Camilan dalam beberapa acara-acara yang sering diadakan oleh para petinggi-petinggi Belanda dan para pekerjanya. Selain itu, makanan ini juga sudah seringkali menjadi Buah Tangan yang merupakan ciri khas dari kota Depok yang seringkali dibawa oleh para warga Belanda ketika mereka kembali ke negeri mereka.

 

Selama beberapa Dekade, makanan tradisional ini hampir hilang di makan zaman, disebabkan oleh karena tidak adanya tangan-tangan yang ingin meneruskan tradisi ini lagi.

Namun, Sejak tahun 1980-an seorang wanita bernama Lenny Loa, istri dari seorang Depok asli yang bernama Johannes Soedira, mulai memperkenalkan kembali sebuah makanan tradisional Depok yang sempat hilang beberapa generasi sebelumnya ini. Dan bisa di bilang, misinya tidak sia-sia. banyak orang-orang yang sudah mengenal makanan ini sejak dulu, kembali datang untuk mencoba menikmati kembali makanan yang sudah lama hilang ini. dengan modal promosi "mulut ke mulut" akhirnya Dodol depok berhasil mengembalikan kejayaannya. Bahkan tidak jarang ketika ada beberapa warga belanda yang datang ke Depok, menyempatkan diri untuk membeli dan membawa pulang makanan ini sebagai Buah Tangan bagi sanak saudara mereka di sana.

*Berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar